Minggu, 20 Juni 2010

Bedah Buku “Pasang Surut Politik Kaum Sarungan”

Pada tanggal 29 Maret 2010 yang lalu, Badan Eksektutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya mengadakan acara bedah buku yang berjudul Pasang Surut Politik Kaum Sarungan. Acara ini menghadirkan beberapa pembicara diantaranya penulis buku Suhermanto Ja’far, mantan anggota DPR RI periode 2004-2009 KH. Masduki Baidlowi dan akademisi dari Universitas Trunojoyo Ali Hisyam, S.Ag.M.Ag. selain itu, acara ini pula dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Bangkalan, KH. Syafik Rofii sekaligus membuka acara bedah buku.
Acara ini sengaja digelar untuk meningkatkan pengetahun mahasiswa dalam kehidupan berpolitik. Selain memberikan pengetahuan tentang bagaiaman kehidupan politik itu, dalam acara ini juga dibahas bagaiam peran sentral dari kaum sarungan (santri) dalam mengarungi perpolitikan Indonesia. Salah satu titik balik dari perpolitikan kaum sarungan dalam mengarungi perpolitikan Indonesia adalah dengan terpilihnya KH. Abdurrahman Wahid sebagai Presiden Republik Indonesia pada 1999 silam. Hal ini kembali menggugah pemahaman mahasiswa-mahasiswa bahwa begitu pentingnya kiprah kaum sarungan ini dalam kancah perpolitikan Indonesia.
Bedah buku ini diharapkan mampun menjadi awal dari berdiri perpolitikan demokratis dilingkungan fakultas dan universitas sehingga mampu mengayomi segala kebutuhan dari setiap mahasiswa. Selain itu, bedah buku yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas ini, juga diharapkan dapat menumbukan kesadaran mahasiswa sebagai kaum intelektual dalam perpolitikan Indonesia. Perlu diketahui bahwa menurut penelitian yang dilakukan oleh litbang kompas yang diterbitkan pada tanggal 25 oktober 2009 kemarin, menyatakan bahwa tingkat apolitis pemuda Indonesia mencapai tingkat 40 persen. Selain itu, pada pemilihan legislative 2009, tingkat ketidak ikutsertaan masyarakat dalam pemilu (golput) mencapat 29,01 persen atau 41 juta lebih dari penduduk Indonesia yang mempunyai hak pilih.

BEM FISIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar